Diskusi 4 E-learning PDGK 4106 Pendidikan IPS di SD

Diskusi 4 E-learning PDGK 4106 Pendidikan IPS di SD

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat ini sangat berpengaruh terhadap lingkunan hidup. coba diskusikan segi positip dan negatip serta beri contoh di sekitar anda !

Baik,berikut ini adalah tanggapan diskusi dari saya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa akibat-akibat ganda bagi lingkungan hidup manusia. Di satu sisi, kemajuan iptek membawa dampak positif termasuk di dalamnya industrialisasi, mengantarkan manusia pada tingkat kehidupan yang lebih mudah, sejahtera, dan menyenangkan. Adanya peningkatan produksi yang berlipat, melimpahnya bahan-bahan konsumsi, percepatan hubungan yang melintasi ruang, temuan-temuan inovasi lainnya merupakan bukti dari perkembangan iptek. Dalam aspek pembangunan, dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Namun di sisi lain, perkembangan iptek juga membawa dampak negatif. Manusia menyaksikan adanya perusakan, pencemaran, dan gangguan terhadap lingkungan di sekitarnya. Misalnya pada proses industrialisasi, mengakibatkan gangguan dan pencemaran pada udara, tanah, air, dan lingkungan fisik manusia lainnya, yang pada akhirnya membawa ketidaknyamanan bagi manusia itu sendiri. Begitu juga dengan proses industrialisasi dan monetisasi menyebabkan terjadinya penebangan dan perusakan hutan yang semena-mena, pengalihfungsian lahan-lahan pertanian untuk kepentingan pendirian pabrik-pabrik, penyerapan tenaga kerja dengan biaya sangat murah, konsumerisme, materialisme, dan hedonisme yang berlebihan. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh pembangunan adalah dampak pada iklim, kebisingan, kualitas udara, hidrologi, tanah, ekosistem perairan, flora dan fauna, sosial ekonomi,sosial budaya dan dampak pada kesehatan. Dampak negatif ini akan menurunkan kualitas lingkungan apabila faktor pelestarian lingkungan diabaikan.

Adapun dampak positif IPTEK terhadap lingkungan hidup yaitu:
1. meningkatnya investasi asing atau penanaman modal asing dinegara kita, contohnya pembukaan PT sawit, dan pertambangan.
2. membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Contohnya dengan adanya PT di desa membuat masyarakat memiliki pekerjaan tetap karena peluang kerja di PT besar sehingga masyarakatnya memiliki penghasilan dan perekonomian masyarakatnya dapat meningkat.
3. berkembangnya dunia digital seperti internet
4. mendorong para pengusaha untuk meningkatkan produktivitas dunia industri seperti perkembangan Hp yang semakin cangih dan memiliki tingkat persaingan tinggi antar pengusaha.
5. meningkatnya pertumbuhan ekonomi negara
6.memudahkan pekerjaan masyarakat. yang mulanya pertanian diolah secara tradisional menggunakan tenaga hewan dalam menggarap lahan pertanian sehingga memerlukan waktu lama. dengan adanya IPTEK penggarapanya menggunakan alat mesin yang disebut traktor.sehingga cepat waktu penggarapannya.
7. meningkatkan produktivitas negara dalam bidang industrialisasi.sehingga meningkat pula pedapatan perkapita.
8. Masyarakat global dapat saling berinteraksi satu sama lain melalui perjalanan udara,telekomunikasi, jaringan komputer dan elektronik untuk mencapai suatu tujuan trtentu dari berbagai belahan dunia.


Adapun dampak negatif perkembangan IPTEK terhadap lingkungan hidup yaitu,
1.terjadinya pencemaran lingkungan.karena adanya limbah industri, Air sungai tidak jernih dan bersih lagi karena digunakan untuk membuang air limbah pabrik.bahkan ikan yang hidup disungai pada mati karena terkena air limbah.
2. hutan menjadi gundul karena pohon ditebang untuk bahan idustri. sehingga lahan jadi tandus dan tananya mudah longsor.
3. gaya hidup masyarakat yang konsumtif seperti keinginan untuk membeli barang tanpa memikirkan kegunaan suatu barang atau memanfaatkan barang tersebut.
4. sifat individualisme, seperti mementingkan diri sendiri atau bersifat egois
5. tingkat kriminalitas yang tinggi seperti begal
6. gaya hidup modern seperti menginginkan makanan yang cepat saji dan kerja yang cepat dan mudah seperti pekerjaan rumah yang di permudah dengan adanya alat-alat elektronik sperti blender, mesin cuci dsb.

Jadi, dengan perkembangan iptek baik secara langsung maupun tidak langsung telah membawa dampak positif, tetapi juga membawa masalah- masalah bagi lingkungan hidup manusia.

Sumber Referensi :
1. Buku Materi Pokok PDGK4106/Pendidikan IPS di SD Modul 4
2. Analisa pribadi

Sekian tanggapan diskusi dari saya. Apabila ada kekurangan mohon koreksi,saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perkenalan TUTON dan LMS di Universitas Terbuka

Cara mengintegrasikan muatan life skill (kecakapan hidup) di dalam pembelajaran di sekolah

Diskusi tuton sesi 3 UT MKDK4001 pengantar pendidikan