Cara mengintegrasikan muatan life skill (kecakapan hidup) di dalam pembelajaran di sekolah

 Cara mengintegrasikan muatan life skill (kecakapan hidup) di dalam pembelajaran sekolah 








Assalamualaikum wr wb..

Haloo apa kabar sahabat My Daily Ways,knowledge and experience? Tentu yang diharapkan kabar baik ya..

Pada kesempatan kali ini,mimin ingin berbagi kepada kalian mengenai cara mengintegrasikan atau menyatukan muatan life skill di dalam pembelajaran di sekolah. Cara ini lebih tepatnya ditujukan untuk pendidik maupun calon pendidik,namun jika kalian masih menjadi peserta didik juga tidak salah jika mengetahui dan mempelajarinya pula hehe..


Oke sudah tidak sabar nih kayaknya.. kita langsung saja menuju cara-caranya (ways).

Kuyy semangat scrollingnya😊



Cara saya mengintegrasikan atau menyatukan muatan life skill (kecakapan hidup ) dalam pembelajaran di kelas yaitu:


1. Dalam mata pelajaran bahasa ( bahasa Indonesia/ bahasa Inggris/bahasa Arab).

Saya akan menyampaikan mata pelajaran bahasa Indonesia dan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan diri melalui aspek berbicara,mendengarkan,menulis dan membaca. melalui aspek-aspek tersebut, siswa mulai terbentuk aspek kecakapan personal seperti tanggung jawab, kemandirian, percaya diri,berusaha menyampaikan pendapat di depan umum, bekerja sama dengan orang lain dan menghargai orang lain.

2. Dalam mata pelajaran sains atau ilmu pengetahuan.

Ketika pembelajaran sains atau IPA, misalnya dalam kompetensi dasar narkotika dan obat-obatan berbahaya, saya menjelaskan peristiwa peristiwa mengerikan yang berkaitan dengan dampak penggunaan narkotika terhadap tubuh manusia. Peristiwa yang menggambarkan dampak-dampak penggunaan dari narkoba tersebut dapat diambil pelajaran agar siswa-siswa tidak mengedarkan atau menggunakan narkoba tanpa melalui saran dari pihak medis. Melalui materi tersebut,diharapkan dapat menyadarkan siswa untuk memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri dan kesehatan orang lain.
Dapat pula melatih Keterampilan bekerja sama dan berpikir kritis dalam melakukan suatu percobaan sains.











3. Dalam Mata Pelajaran Matematika

Sebagai guru, saya merancang RPP dengan memasukkan  aspek kecakapan hidup   personal (tanggung jawab dan berpikir kritis)  dengan menyisipkan pertanyaan-pertanyaan kritis dan profokatif pada soal-soal dan  bahan ajar matematika yang dikembangkan.   Kecakapan hidup sosial  (bekerja sama dan keterbukaan terhadap kritis) diintegrasikan  dengan cara memilih metode pembelajaran  diskusi atau metode kooperatif dalam kegiatan pembelajarannya. Dengan diskusi diharapkan  kemampuan bekerjasamanya berkembang. Dalam proses diskusi diharapkan kemauan menerima kritik juga dilatihkan sehingga siswa lebih terlatih dalam menerima sebuah kritik.

4. Dalam Mata pelajaran IPS

Misalnya, kemampuan personal untuk dapat berempati dan menghargai orang lain dapat diintegrasikan dengan pemilihan metode pembelajaran multikulturalisme. Tanggung jawab terhadap keselamatan diri dan orang lain juga dapat dintegrasikan  dengan cara memilih metode pembelajaran simulasi untuk menyelamatkan diri dari berbagai bencana yang sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia.Misalnya, dalam KD bencana gempa bumi,diajarkan langkah-langkah penyelamatan diri sehingga kemungkinan jika terjadi gempa bumi,siswa diharapkan dapat mengimplementasikan/mempraktekkan langkah-langkah yg telah diajarkan.

5.Dalam mata pelajaran muatan lokal,misalnya pertanian.

Guru memberikan ilmu mengenai keterampilan yaitu cara menanam ketela pohon supaya berbuah banyak,dengan demikian siswa diharapkan dapat mengimplementasikan cara tersebut ketika berada di rumah atau dimanapun,dengan begitu muatan life skill sudah terintegrasi dalam pembelajaran di kelas.

6. Dalam mata pelajaran penjasorkes

Misalnya dalam permainan bola voli,secara tidak langsung sudah termuat life skill seperti kerjasama,kepercayaan diri,menghargai orang lain,menerima keputusan atau kehendak,bersedia dipimpin dan sebagainya.











7. Dalam mata pelajaran agama

Misalnya dalam materi agama islam,dikisahkan sikap-sikap tauladan dari nabi,siswa diharapkan agar dapat mengimplementasikan sikap tauladan dari nabi tersebut di dalam kehidupan sehari-harinya.

8. Dalam mata pelajaran PPKN

Misalnya Saya memberikan materi pembelajaran mengenai Identitas nasional,dengan demikian siswa mengetahui identitas-identitas dari negara nya sendiri,sehingga diharapkan dapat memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme dalam diri masing-masing siswa. Sebagai bekal untuk menjadi warga negara yg baik di masa mendatang.












Itulah tadi cara mengintegrasikan atau menyatukan muatan life skill di dalam pembelajaran di kelas.

Jika ada tambahan,kritik maupun saran silakan sampaikan di kolom komentar dengan sopan.
Salam semangat belajar,Indonesia maju!👍🏻
Terima kasih 💙

Wasalamualaikum wr.wb

Komentar

Bang Arief mengatakan…
Sangat bermanfaat artikel nya
Mualimah mengatakan…
Kebetulan saya ngajar B.Ing, bisa dipraktekkan ini.

Postingan populer dari blog ini

Contoh Perkenalan TUTON dan LMS di Universitas Terbuka

Diskusi tuton sesi 3 UT MKDK4001 pengantar pendidikan